Friday 27 April 2012

rumah kebocoran...

Rumah Anda Kebocoran saat hujan,, ?

Musim hujan telah tiba, langkah ekstra yang harus kita lakukan untuk tetap merawat kondisi rumah  terlihat bersih, rapih dan sehat agar tidak membawa bibit-bibit penyakit akibat dampak hujan.  Musim hujan sering membuat kenyamanan rumah terusik karena berbagai kendala yang muncul pada Dinding, Pipa air,  Retak rambut dan sebagainya .
Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa solusi tepat agar musim hujan tidak mengusik kenyamanan anda dirumah. Berikut beberapa solusi masalah rumah di musim hujan :
Rembesan Air Tanah
Air tanah yang menyusup ke dinding melalui kapiler material semen. Adapun penyebab utama ialah rendahnya kualitas material plesteran, baik dinding luar maupun dalam. Menangani masalah rembesan air tanah pun bisa kita lakuakan tanpa  memerlukan bantuan tukang, caranya :
  1. Kerok plesteran kurang lebih 1 m dari permukaan lantai.
  2. Ganti plestrenya dengan yang baru.
  3. Setelah plesteran kering lakukan pengacian.
  4. Langkah terakhir selesaikan dengan pengecatan yang benar, yakni pengecatan dengan cat dasar kemudian aplikasikan dengan cat warna sesuai keinginan minimal 2 kali lapisan.
Solusi Pipa Bocor
Untuk melihat kondisi pipa yang bocor biasanya kita  bisa melihat dari posisi kelembapan dinding sekitar 1m dari latai. Bercak yang ditimbulkan akan terlihat lebih jelas dan parah. Ada bebebrapa solusi dibawah ini yang dapat mengatasi solisi pipa bocor :
  1. Bongkar dinding tempat lokasi pipa
  2. Ganti/ perbaiki pipa yang bocor
  3. Plester dengan komposisi bahanpasir dan bahan semen
  4. Setelahplsteran kering, lakukan finishing dengan pengecatan.
Solusi Retak Rambut
Retak rambut biasanya terjadi karena meterial yang diaplikasikan tidak bersih. Contohnya asir banyak mengandung tanah ataupun material lainnya.  Selain itu air yang digunakan sebagai bahan adukan juga memperngaruhi contohnya menggunakan air kotor . Proses pengacian pada saat plester yang belum kering dapat  menyebabkan masalah retak rambut. Untuk mengatasinya berikut ini solusinya;
  1. Coba perbesar sedikit retak rambut, bersihkan debu dengan bantuan air dan kuas .
  2. Tutup retakan dengan menggunakan kompon. Pastikan kompon benar-benar masuk kedalam celah retakan serta mampu menutup dengan baik.
  3. Setengah kering, ratakan permukaannya dengan menggunakan amplas.
  4. Terakhir, finishing dengan menggunakan cat.
Terakhir ada tips untuk anda bagaimana cara memasang plesteran yang benar:
  1. Plester dinding luar dengan menggunakan perbandingan material tiga bahan pasir, satu bagian semen.
  2. Tunggu kurang lebih dua minggu untuk meberikan kesempatan kering yang total.
  3. Lakukan finishing dengan pengecatan.
Musim hujan bisa menganggu siapa saja, terutama keyamanan di rumah, semoga beberapa soulsi diatas bisa membuat rumah anda menjadi terlihat lebih indah sekalipun dimusim hujan.
SUMBER GAMBAR :
www.kayubeton.blogspot.com
www.cogase.wordpress.com

0 komentar:

Post a Comment